Trending

Pesona Festival Payung Indonesia 2017

Spread the love


Beraneka ragam suku dan adat di Indonesia merupakan sebuah anugrah yang istimewa yang dimiliki Indonesia. Terdiri dari 34 Provinsi, 1.128 suku bangsa, 742 bahasa daerah adalah bukti dari keaneka ragaman bangsa Indonesia. Untuk itu perlu adanya pelestarian budaya dan seni menjadi sebuah satu kesatuan yang melambangkan bangsa Indonesia. Dalam rangka mewujudkan rasa persatuan tersebut diadakan sebuah festival  Payung Indonesia 2017 dengan tema ‘Sepayung Indonesia’ yang bermakna untuk menghargai setiap perbedaan dalam keberagaman, dan berteduh dibawah payung Indonesia.

Festival payung Indonesia ini dimeriahkan dengan 127 payung rajut yang dipamerkan, hasil karya perajut dari berbagai kota, Loksemawr, Medan, Lampung, Tanggerang, Depok, Sukabumi, Bali Magelang, Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, Makasar dan daerah lainnya. Beberapa fakta bahwa keberadaan payung sudah ada dari jaman Hindu-Budha terdapat pada relief-relif candi, dan pada jaman konial Belanda.

Di meriahkan oleh seniman-seniman seperti Maestro Tari- Dariah (Banyumas), Ayu Bulantrisna Djelantik (Bali), Rusini (Solo), Retno Maruti (Jakarta), Didik Nini Thowok (Yogyakarta), dan Inu Hj. Munasiah Daeng Jinne (Makasar), sebagai inspirator untuk para anak muda tentang pentingnya berkomitmen dalam berkarya.

Festival Payung Indonesia juga menjadi penghubung persahabatan antar bangsa, dari Kunjungan delegasi Thailand pada Festival Payung Indonesia dari tahun 2015 hinggan sekarang sudah berkujung ke Bo Sang, Chiang Mai, untuk berbagi dan bertukar ide dan pengalaman. Pada Festival Payung Indonesia ini juga akan di launching logo sister festival yaitu festival bersaudara antara Festival Payung Indonesia dengan Bo Sang Umbrella Festival (Chaing Mai, Thailand).

 

Baca juga : 8 Tempat Wisata Terbaik Di Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *