youtube view
Tips and trick

Cara Menjadi Youtuber Untuk Para Pemula

Spread the love


Youtube adalah media sosial digital yang saat ini banyak digunakan untuk promosi menampilkan visual berupa video, mempublikasikan hasil karya video baik untuk orang pemula atau profesional. menjadi seorang youtuber saat ini adalah peluang yang sangat menjanjikan untuk menjadikan diri anda terkenal dan memperoleh penghasilan dari youtube. Akan tetapi tidak semua orang

bisa sukses menjadi youtuber sebagai karirnya.

Berikut saya akan sharing Bagaimana cara menjadi youtuber untuk para pemula:

Membuat Konten yang mengundang audience atau penonton

Untuk membuat sebuah konten tentukan dahulu siapa audience anda, karena penonton youtube membuka youtube karena mempunyai berbagai alasan, dan pada dasarnya tipe audience youtube ada 2 tipe yaitu :

  1. Edukasi : merupakan tipe audience yang mencari informasi lewat youtube untuk bahan pembelajaran, seperti tips and trick, how to, dll
  2. Hiburan : merupakan tipe audience yang menonton youtube untuk menikmati video hiburan, kesenangan dan inspirasi seperti, music, vlog, dll

Untuk itu anda bisa tentukan chanel anda apakah akan membuat konten hiburan atau edukasi, walaupun sebenarnya anda dapat membuat 2 tipe konten sekaligus, tetapi sebaiknya anda memilih salah satunya saja, agar anda bisa lebih fokus menentukan target audience anda.



Membangun subscriber secara organik

Untuk membangun subscriber secara organik atau natural adalah anda dapat memulai dari lingkungan sosial media anda, karena youtube memperoleh penonton dari 2 kemungkinan yaitu dari kolom search engine, dan sosial media lain. Berikut beberapa cara untuk memperoleh subscriber :

  • Membuat video yang berkualitas : agar ditonton oleh banyak orang buatlah video yang berkualitas dan memiliki konten yang menarik, jangan membuat video asal-asalan tanpa memikirkan isi konten, karena sekarang banyak sosial media yang menggunakan algoritma yang di tentukan dari engagement
  • Membuat isi video yang relevan dengan penonton : setelah anda menentukan siapa audience anda, buatlah video yang ingin mereka cari, mereka butuhkan, dan memang ingin mereka tonton
  • Optimasi judul dan gambar thumbnail video anda: Saat penonton youtube melakukan search video yang ini mereka tonton akan muncul banyak list video yang memiliki theme yang sama, untuk menarik penonton membuka video anda maka anda wajib mebuat judul dan gambar thumbnail semenarik mungkin.

Memperkenalkan channel youtube anda ke teman-teman social anda

Untuk memulai mendapatkan subscriber di awal ada baiknya anda mengundang atau memperkenalkan channel youtube anda ke lingkungan teman-teman di sosial anda bisa dari twitter, facebook, instagram, linkind, google+. Membuat pertubuhan subscriber secara organik akan lebih aman untuk channel anda agar tidak terkena banned, walaupun membutuhkan waktu yang lama, karena rata-rata youtuber yang sukses memerlukan waktu lebih dari 1 tahun untuk membangun channel mereka. Berkolaborasi dengan youtuber lain dapat mengundang subcriber ke channel anda, dan selalu aktif saling balas komentar akan memberikan feedback yang bagus ke channel anda.

Lakukan Optimasi pada tampilan channel youtube anda

  • Optimasikan Deskripsi pada channel anda dengan membuat deskripsi singkat dibagian about tentang tema kontel channel anda.
  • Hubungkan channel youtube anda dengan sosial media dan website yang anda miliki
  • Posting gambar yang menarik pada halaman home atau feature channel anda, bila perlu anda dapat membuat trailer supaya audience semakin tertarik menjadi subscriber anda.
  • Apabila sudah banyak video anda posting, buatlah kategori masing-masing video di bagian playlist agar penonton lebih mudah melihat daftar video di channel anda.

Yang paling penting adalah optimasi setiap video yang anda posting pada bagian judul, deskripsi, tag seperti otpimasi SEO, dan jangan pernah melakukan keyword stuffing atau spam .

Memahami Algoritma di Youtube dan mengikuti aturan

Seperti yang dibahas di atas adalah youtube memiliki algoritma berdasarkan engagement pada konten video yang di publish, berikut beberapa hal yang mempengaruhi kualitas engagement di youtube channel anda :

  • Jumlah waktu kunjungan atau watch time, dimana sampai saat ini youtube memprioritaskan waktu kunjungan sebagai poin utama kualitas suatu video, bagi anda yang memiliki jumlah waktu kunjungan yang paling baik akan mendapatkan promosi gratis di bagian home youtube sebagai recommended channel.
  • Jumlah viewer pada video anda, semakin banyak viewer maka semakin bagus, tetapi ketentuannya viewer ditentukan apabila audience menonton minimal selama 30 detik atau setengah durasi video yang ditonton.
  • Rasio Like dan Dislike, salah satu yang mempengaruhi engagement juga adalah jumlah like dan dislike pada video anda.
  • Subscribe dan social share, bagi channel atau video yang mendapatkan banyak subscribe dan social share akan menjadi point bagus pada engagement konten anda.
  • Komentar, pada channel atau video ¬†mengisi kolom komentar berpengaruh pada aktifitas di channel anda tetapi tidak terlalu pengaruh pada engagement karena banyak terdapat spam komen, atau campuran komentar baik atau jelek.

Kualitas views>Kuantitas views

Pada dasarnya engagement sangat di pengaruhi oleh kualitas video yang menunjang kualitas views, dan lebih banyak kualitas views dari pada kuantitas views itu lebih bagus. Seperti video anda akan mendapatkan ranking 1-3 di mesin pencari keyword karena memiliki kualitas views yang bagus >50% durasi konten walaupun viewer anda baru 1000-2000 viewer.

Menerima masukan atau feedback dari audience

Untuk mengevaluasi kualitas video anda sangat penting anda mempertimbangkan feedback atau masukan dari audience yang menonton video anda apabila ada kekurangan atau hal-hal yang perlu dikembangkan secara kreatifitas dan kualitas.

baca juga bagaimana cara memaksimalkan SEO

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *